Friday 9 December 2016

Pelajaran Dari Masa Kecil (Yang Nggak Disadari)

Masa kecil saya dihabiskan seperti anak kecil pada umumnya. Anak kecil di jaman saya maksudnya, generasi 90'an. Bersepeda, Kumpul bocah, Main basket, Nonton kartun, Ultraman, sampai Adu bacot nama bapak-ibu kalau ada percekcokan. Romantisme & percintaan baru saya temui ketika umur menginjak belasan tahun... Entah saya yang telat urusan percintaan, atau anak kecil jaman sekarang yang terlalu cepat memahaminya.






Bicara soal masa kecil, salah satu tontonan yang saya sukai adalah Ultraman. Mulai dari Ultraman Tiga, Dyna, Gaia, sampai Cosmos - nggak ada yang terlewat dipantengin depan TV. Bahkan sampai sekarang, bodo amat mau dibilang childish atau apapun itu... Pembaca sekalian bisa bully saya sepuas hati.

Alasannya, karena mungkin cuma tontonan sejenis itu yang bisa membuat sisi kebaikan jadi terlihat keren. Bukan kebodohan & ke-hedonisme-an yang dibuat seakan keren, dan memancing otak anak kecil yang lain mengikutinya. Meskipun dulu saya juga pernah nakal (sampai sekarang sih, wkwkwk), setidaknya nggak ada kebodohan yang bisa saya banggakan.

Tapi pelajarannya bukan itu saja... Saat nostalgia lihat video soundtrack Opening & Ending theme Ultraman via Youtube, ada hal yang memancing kekaguman saya berikutnya. Ternyata, hampir semua soundtrack Ultraman yang saya favoritkan itu translate liriknya deep banget lho...! Mungkin malah terlalu dalam untuk anak SMP sekalipun. Sayangnya (atau untungnya), dulu disajikan lewat Bahasa Jepang. Coba kalau di-dubbing pakai Bahasa Indonesia? Wuihhh, bisa-bisa rasa benci saya terhadap koruptor dan pemecah belah bangsa ini nggak sembuh-sembuh deh tuh! Wkwkwk...



Seperti hasil translate Ending Theme Ultraman Cosmos berjudul Kimi Ni Dekiru Nanika & Ultraman Gaia berjudul Beat On! Dream On! berikut ini contohnya... Saya yakin Brosist punya ilmu Bahasa Inggris lebih baik dari saya, jadi rasanya nggak perlu ditranslate lagi ke Indonesia yah? Males juga soalnya, hahahaaa...





Why, people always fighting, with the power that should be used to help people...?
Yes, even we know that is true, we were all born in the same world.

Why? the endless morning and beautiful moonlight night fade away into memories..?
Yes, the disappearing light tells me about those emotions that I should bring back.

Can you do it? Everything
Can you carry out? Let's begin
A new (More Tenderly) Tomorrow (More Kindly)

When you start to chase your dreams, everything change
Forever, you'll be looking into yourself
"Where is love?" when you find that answer, You'll surely find your own courage!

--------------------------





It's not a mistake, what you have been believing,

We have been seeking the same thing all of this time
We have been seeing the same dream, but it's all been the long way around.

The two of us passed each other...
It's like two planets in different orbits, right? Both estranged...
It's not a mistake what you chose,

So don't give up and don't regret!
So Beat On! Someday We will (Beat on!) become one and the star will shine
Always Dream on! The reason of sorrow (Dream on!) is the reason of flight,

Let me find it with you...

No comments:

Post a Comment